Senin, 20 Februari 2012

Berpengaruhkah huruf besar & huruf kecil pada alamat web & email?

OK, akan saya bahas satu per satu di bawah ini.

Pada Web
Alamat web terdiri dari bagian nama domain (nama komputer) dan bagian path.  Sebagai contoh misal 'http://en.wikipedia.org/wiki/Uniform_resource_locator' dapat dijelaskan sbb:
  • 'en.wikipedia.org' adalah nama domain (nama komputer)
  • setelah tanda '/' setelah domain yaitu 'wiki/Uniform_resource_locator' adalah path

Nama domain tidak dibedakan penulisan dengan huruf besar ataupun huruf kecil.  Anda dapat menuliskan 'EN.wikipedia.Org' atau 'En.Wikipedia.org' atau kombinasi lain tanpa masalah, semua dianggap benar.  Sedangkan untuk bagian path ada server yang membedakan penulisan huruf besar dan huruf kecil, tetapi ada juga server yang tidak membedakan penulisan dengan huruf besar ataupun kecil.


Pada Email
Pada email terdiri dari dua bagian yaitu nama user dan nama domain.  Sebelum tanda '@' adalah nama user dan setelah tanda '@' adalah domain.  Sebagai contoh pada email 'namaku@yahoo.com' maka 'namaku' adalah nama user dan 'yahoo.com' adalah nama domain.  

Untuk nama domain tidak dibedakan apakah Anda menuliskan dengan huruf besar ataupun huruf kecil.  Anda mau menulis 'yahoo.com', 'YAHOO.COM', 'YahOO.coM' dan kombinasi lainnya dianggap sama saja.

Untuk nama user pada sebagian besar email server juga tidak dibedakan (dipermasalahkan) penulisannya dengan huruf besar ataupun huruf kecil.  Anda mau menulis 'namaku', 'NAMAKU', 'NamakU', 'NAMAku' dan kombinasi lainnya juga dianggap sama saja.  Tapi... Ada sebagian server yang membedakan penulisan huruf besar dan huruf kecil untuk nama user, walaupun sangat jarang.  Pada kondisi demikian, maka penulisan 'Namaku', 'namaku', 'NAMAKU' dan kombinasi lainnya dianggap berbeda.

Sekian, semoga bermanfaat..

~ written by fajar ~

18 komentar:

  1. untuk search post pengaruh gak gan besar kecilnya huruf?

    BalasHapus
  2. maksud saya keti cari di gogle , misal posting dengan judul huruf kecil semua mudah diindex google, dan besar semua susah diindex,
    Kalau saya posting judul selalu huruh besar, coba deh lihat
    di www.laptopistimewa.com

    BalasHapus
  3. Saya langsung ke inti,,, saya pakai gmail, mau mengirim ke yahoo, apa kah berpengaruh huruf besar atau kecil?

    BalasHapus
  4. Saya langsung ke inti,,, saya pakai gmail, mau mengirim ke yahoo, apa kah berpengaruh huruf besar atau kecil?

    BalasHapus
  5. saya mau nanya, tadi di salah satu web pendaftaran online, ada pertanyaan untuk memasukan email. dan saya menjawabnya dengan alamat email saya tapi menggunakan huruf besar semua. tapi alamat email saya menggunakan huruf kecil semua. apakah itu berpengaruh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk proses kirim/terima email, tidak ada masalah sama sekali menggunakan huruf besar, kecil, atau campuran.

      Namun jika alamat email tersebut juga digunakan sebagai username untuk Web yang barusan mbak daftarkan tadi, bisa saja dibedakan antara huruf besar dan kecil, dapat diketahui setelah dicoba.

      Namun sekali lagi, untuk proses kirim/terima email, tidak ada masalah sama sekali.

      Hapus
  6. mudah-mudahan tidak bermasalah ya,,user yg di daftar kemarin di sscn awalan nya huruf kapital padahal seharusnya huruf kecil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya tidak masalah kok.
      Email yang mereka kirimkan akan tetap masuk ke email kita. Hanya saja jika digunakan sebagai login, mungkin kita perlu menuliskan persis seperti saat kita mendaftar (diawali huruf kapital).

      Hapus
    2. Saya mendaftar cpns,,alamat email saya saya tulis pake huruf kecil smu tp setelah d resume yg paling dpn kok hurufnya besar,,apakah nanti akan berpengaruh dg email yg masuk k alamat email saya??misal nama alamat nama email saya juni tp yg tertulis d sscn Juni

      Hapus
    3. Harusnya tidak ada masalah, email yang dikirimkan tetap akan diterima walau huruf besar, huruf kecil, ataupun kombinasinya.

      Hapus
  7. Akun email saya huruf kecil, tp ketika dftr di sscn pke huruf kapital, ap ngaruh atau tidak?

    BalasHapus
  8. Bang tolong jawab segera.... Misalkan saya udah punya gmail dan contohnya langsung.... Gmail contoh: akunreal@gmail.com... Terus saya nyampain ke atasan saya huruf "a" yg pertama besar=>>> Akunreal@gmail.com....dan itu apakah jika pemberitahuan email dari atasan saya tetep masuk ke akun saya apa gak yah? *mudah2an aja tetep masuk jadi tolong bang segera jawab agar saya gak khawatir...thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru balas, karena saya sempat tidak aktif. Tidak ada masalah dengan huruf besar/kecil email, yang penting tidak ada kesalahan dalam penulisan alamat emailnya (hurufnya lengkap, tidak lebih, tidak kurang).

      Hapus
  9. Saya mengirim alamat Gmail saya ke orang lain huruf depan dengan kapital padahal alamat Gmail saya depan nya huruf kecil , apakah bermasalah ? Tolong jawab
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak masalah, emailnya tetap bisa terkirim. Untuk tes bisa lakukan ujicoba ke salah satu alamat email teman, coba kirim dengan beberapa kombinasi huruf besar/kecil pada alamat emailnya.

      Hapus
  10. Saya mengirim file ke orang, tetapi saya menulis alamat emailnya huruf depannya menggunakan huruf kecil seharusnya menggunakan huruf besar, bagaiaman ya apakah tetap terkirim?
    Tolong dijawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak masalah, email harusnya akan tetap sampai, asalkan huruf-hurufnya tidak ada yang salah/kurang. Kalau beda huruf besar/kecil tidak pengaruh.

      Hapus